Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 25 September 2013

Diposting oleh AENG TASEK


 


1.     Sejak kapan sejarah teater tradisional di Indonesia dimulai :
a.  Sebelum zaman Hindu                  b. Setelah zaman Hindu                c. Pra-Islam d. Kemerdekaan                             e. Setelah kemerdekaan

2.     Unsur-unsur teater tradisional pada awal perkembangannya banyak digunakan untuk mendukung :
a.    upacara ritual                                  b. Upacara keagamaan                  c. Hiburan
d.  upacara adat                                    e. Mistis

3.    Pertunjukan wayang sudah ada  tahun 907 Masehi sejak jaman pemerintahan :
a.    Raja Balitung                                   b. Raja Kertanegara                        c. Prabu Brawijaya 
d. Raja Jayakatwang                            e. Raja Arya Wiraraja
4.    Perkembangan pertunjukan wayang bayak terdapat di daerah :
a.    Jawa Tengah dan Jawa Barat      b. Jawa Timur dan Jawa Tengah
c.  Jawa Timur dan Jawa Barat          d. Jawa Timur
e.  Jawa Tengah
5.    Di Madura, terdapat pertunjukan wayang orang yang agak berbeda dengan yang berkembang di Jawa Tengah, yaitu dikenal dengan sebutan :
a.    Wayang Dalang                  b. Topeng Dalang                            c. Topeng     
d.  Wayang klitik                        e. Wayang wong

6.    Makyong merupakan suatu jenis teater tradisional yang berkembang didaerah :
a.    Jawa Timur              b. Aceh          c. Papua        d. Riau           e. Madura

7.    Randai merupakan suatu bentuk teater tradisional yang terdapat di daerah:
a.    Aceh               b. Sasak         c. Manado     d. Minangkabau       e. Riau

8.    Teater tradisional Randai  bertolak dari sastra lisan yang disebut dengan istilah:
a.    Baca               b. Pantun      c. Macapat     d. Prosa         e. Kaba

9.    Daerah Kalimantan Selatan mempunyai cukup banyak jenis kesenian antara lain yang paling populer adalah:
a.    Randai           b. Ludruk       c. Wayang                 d. Mamanda              e. Randai

10. Teater tradisional Randai  bertolak dari sastra lisan yang disebut dengan istilah:
a.    Baca               b. Pantun      c. Macapat     d. Prosa         e. Kaba

11. Daerah Kalimantan Selatan mempunyai cukup banyak jenis kesenian antara lain yang paling populer adalah:
a.    Randai           b. Ludruk       c. Wayang                 d. Mamanda              e. Randai

12. Lenong merupakan teater rakyat  daerah :
a.    Sumenep      b. Surabaya              c. Sunda        d. Betawi        e. Minangkabau

13. Pada saat Jakarta masih bernama Betawi atau Batavia  terdapat empat jenis teater tradisional, diantaranya kecuali :
a.    Topeng Betawi         b. Lenong      c. Topeng blantek    d. Jipeng        e. Randai

14. Longser merupakan jenis teater tradisional yang bersifat kerakyatan dan terdapat di: a. Sunda             b. Madura      c. Betawi        d. Banten       e. Yogyakarta

15.  Ubrug merupakan teater tradisional bersifat kerakyatan yang terdapat di daerah a. a. Sunda              b. Madura      c. Betawi        d. Banten       e. Yogyakarta

16.  Beberapa cerita rakyat yang sering dipentaskan pada pertunjukan Ubrug adalah :
a. Ramayana                             b. Mahabarata                      c. Brama Kumbara  
d. Kian Santang                        e. Si Jampang

17. Lenong merupakan teater rakyat  daerah :
b.    Sumenep      b. Surabaya              c. Sunda        d. Betawi        e. Minangkabau

18. Pada saat Jakarta masih bernama Betawi atau Batavia  terdapat empat jenis teater tradisional, diantaranya kecuali :
b.    Topeng Betawi         b. Lenong      c. Topeng blantek    d. Jipeng        e. Randai

19. Longser merupakan jenis teater tradisional yang bersifat kerakyatan dan terdapat di: a. Sunda            b. Madura      c. Betawi        d. Banten       e. Yogyakarta

20. Ubrug merupakan teater tradisional bersifat kerakyatan yang terdapat di daerah: 
a. Sunda              b. Madura      c. Betawi        d. Banten       e. Yogyakarta

21.  Beberapa cerita rakyat yang sering dipentaskan pada pertunjukan Ubrug adalah :
a. Ramayana                             b. Mahabarata                      c. Brama Kumbara  
d. Kian Santang                        e. Si Jampang

22.  Ketoprak merupakan teater rakyat yang paling populer di daerah :
a.    Yogyakarta dan daerah Jawa Tengah
b.    Yogyakarta dan daerah Jawa Timur
c.    Yogyakarta dan daerah Jawa Barat
d.    Yogyakarta dan daerah Jakarta
e.    Jawa Timur dan Jawa Barat

23. Pada mulanya ketoprak merupakan permainan orang-orang desa yang sedang menghibur diri dengan menabuh lesung pada waktu bulan purnama, yang disebut:
a.Gejigan b. Gejogan     c. Gajagan     d. Gejoging    e. Gejayan

24.  Ludruk merupakan teater tradisional yang bersifat kerakyatan di daerah Jawa Timur, berasal dari daerah:
a.    Mojokerto      b. Gresik        c. Kediri          d. Pasuruan e. Jombang.

25. Lagu-lagu atau gending yang di­gunakan pada pertunjukan Ludruk diantaranya adalah, kecuali :
a.    Parianyar       b. Beskalan               c. Kaloagan d. Jula-juli       e. Sumringah

26. Gambuh merupakan teater tradisional yang paling tua di Bali dan diperkirakan berasal dari abad ke :
a.    16                   b. 17               c. 18.               d. 19               e. 20

27. Kebanyakan lakon yang dimainkan gambuh diambil dari struktur cerita:
a.    Rakyat           b. Ramayana                        c. Panji           d. Agama       e. Mahabarata

28. Arja merupakan jenis teater tradisional yang bersifat kerakyatan, dan terdapat di daerah :
a.    Bali                b. Madura                  c. Betawi        d. Banten       e. Yogyakarta

29. Unsur –unsur utama teater diantaranya adalah, kecuali :
a.    Naskah lakon                       b. Sutradara                          c. Pemain     
d. Panggung                              e. penonton.

30. Untuk mendukung unsur pokok pertunjukan teater  diperlukan unsur ............... yang memberikan keindahan dan mempertegas makna lakon.
a.    Tata panggung                    b. Tata artistik                        c. Sutradara             
d. Penonton                                e. Semuanya benar

31.  Cerita  yang  merupakan bentuk tertulis dari cerita drama yang baru akan menjadi karya teater disebut :
a.    Naskah         b. Naskah Lakon      c. Lakon         d. Skenario                e. Pentas

32. Komponen-komponen teater terdiri dari :
a.    Naskah, pemain, dan tata artistik
b.    Sutradara, pemain, dan tata artistik
c.    Sutradara, pemain, dan panggung
d.    Sutradara, panggung, dan tata artistik
e.    Sutradara, pemain, dan penonton

33. Naskah lakon sebagaimana karya sastra lain, pada dasarnya mempunyai struktur yang jelas yaitu, kecuali:
a.    Tema b. Plot c. Setting       d. Tokoh         e. Sutradara

34.  Urutan yang benar dari struktur dramatik yang di rumuskan oleh Aristoteles yaitu:
a.      eksposisi (pemaparan), komplikasi, klimaks, anti klimaks atau resolusi, dan konklusi (catastrope).
b.      Komplikasi,eksposisi (pemaparan), klimaks, anti klimaks atau resolusi, dan konklusi (catastrope)
c.      Komplikasi, eksposisi (pemaparan), anti klimaks atau resolusi,klimaks, dan konklusi (catastrope)
d.      konklusi (catastrope), Komplikasi, eksposisi (pemaparan), anti klimaks atau resolusi, dan klimaks
e.      konklusi (catastrope), Komplikasi, anti klimaks atau resolusi, dan klimaks, eksposisi (pemaparan)

35.  Di Indonesia penanggung jawab proses transformasi naskah lakon ke bentuk pemanggungan adalah :
a.    Pemain                                b. Penulis naskah               c. Penata artistik
d.  Sutradara                             e. Penonton

36.  Yang merupakan pimpinan utama kerja kolektif sebuah teater dan baik buruknya pementasan teater sangat ditentukan oleh kerja :
a.    Pemain                                b. Penulis naskah               c. Penata artistik
d.  Sutradara                              e. Asisten sutradara

37.  Sebagai pimpinan, sutradara selain bertanggung jawab terhadap kelangsungan proses terciptanya pementasan juga harus bertanggung jawab terhadap:
a.    Penonton.                           b. Penulis naskah               c. Penata artistik
d.   Pemain                                 e. Asisten sutradara

38.  Ada beberapa tipe sutradara  dalam menjalankan penyutradaraanya diantaranya, kecuali :
a.  Sutradara konseptor            b. Sutradara diktator            c.Sutradara koordinator
d. Sutradara paternalis                        e. Sutradara provokator



39. Sutradara yang menentukan pokok penafsiran dan menyarankan konsep penafsiranya kepada pemain. Serta pemain dibiarkan mengembangkan konsep itu secara kreatif, termasuk tipe sutradara :
a.    Konseptor      b. Diktator      c.Koordinator            d.  Paternalis             e. Provokator

40. Sutradara yang mengharapkan pemain dicetak seperti dirinya sendiri, tidak ada konsep penafsiran dua arah dan pemain dibentuk menjadi robot – robot yang tetap buta tuli, termasuk tipe sutradara :
a.    Konseptor      b. Diktator      c.Koordinator            d.  Paternalis             e. Provokator

41. Sutradara yang menempatkan diri sebagai pengarah atau polisi lalulintas yang mengkoordinasikan pemain dengan konsep pokok penafsirannya, termasuk tipe sutradara :
a.    Konseptor      b. Diktator      c.Koordinator            d.  Paternalis             e. Provokator

42.  Sutradara yang bertindak sebagai guru atau suhu yang mengamalkan ilmu bersamaan dengan mengasuh batin para anggotanya dan pemain adalah cantrik yang harus setia kepada sutradara, termasuk tipe sutradara :
a.    Konseptor      b. Diktator      c.Koordinator            d.  Paternalis             e. Provokator

43.  Tujuan terakhir suatu pementasan lakon adalah :
a.    Pujian                                   b. Kritikan                  c. Keuntungan
d.  Panggung                             e. Penonton

44.  Unsur artistik teater meliputi :
a.    Tata panggung                  
b.    Tata busana dan tata rias
c.    Tata cahaya
d.    Tata suara dan  tata musik
e.    Semuanya benar

45. Pengaturan pemandangan di panggung selama pementasan berlangsung dan  tujuannya tidak sekedar supaya permainan bisa dilihat penonton tetapi juga menghidupkan  pemeranan dan suasana  panggung adalah tujuan dari :
a.    Tata panggung                   b. Tata busana                     c. Tata cahaya
d.   Tata suara                             e. Tata musik           

46.  Pengaturan pencahayaan di daerah sekitar panggung yang fungsinya untuk menghidupkan permainan dan dan suasana lakon yang dibawakan, sehingga menimbulkan suasana istimewa adalah tujuan dari :
a.    Tata panggung                   b. Tata busana                     c. Tata cahaya
d.   Tata suara                             e. Tata musik           

47.  Pengaturan musik yang mengiringi pementasan teater yang berguna untuk memberi penekanan pada suasana permainan dan mengiringi pergantian babak dan adeganadalah tujuan dari :
a.    Tata panggung                   b. Tata busana                     c. Tata cahaya
d.   Tata suara                            e. Tata musik

48.  Pengaturan keluaran suara yang dihasilkan dari berbagai macam sumber bunyi seperti; suara aktor, efek suasana, dan musikadalah tujuan dari :
a.    Tata panggung                   b. Tata busana                     c. Tata cahaya
d.   Tata suara                            e. Tata musik

49.  Pengaturan untuk menonjolkan watak peran yang dimainkan, dan bentuk fisik pemain  bisa terlihat jelas penonton adalah tujuan dari :
a.    Tata panggung                   b. Tata busana                     c. Tata cahaya
d.   Tata suara                            e. Tata rias

50.  Amanat-amanat dalam suatu cerita (naskah lakon) yang dipertunjukkan disebut  :
a.    Nilai jual                          b. Nilai pendidikan            c. Nilai religius       
d. Nilai moral                         e. Nilai estetika


0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Agustinus Suharjoko, S.Sn. Alumni Institut Seni Indonesia Yogjakarta (2003) n sekarang jadi pengajar seni budaya di SMAN 1 Kalianget. Menjadi Ketua MGMP Seni Budaya SMA Kabupaten Sumenep,Ketua Lembaga Tanah Kapur(kajian, dokumentasi dan apresiasi budaya Madura), Komite teater DKJT (2008-2013) dan Pengurus FK Metra Propinsi Jawa Timur(2009-2014). Penghargaan Kesenian sebagai Pemuda Pelopor Jatim 2003, Seniman berprestasi tingkat Nasional, Sutradara dan penata artistik beberapa karya seni pertunjukan tingkat Jawa timur dan nasional. Beberapa karya seni pertunjukan ; Alalabang 1 & 2 (2006-2007), san misan (2007), ronjangan pateh (2006), arokat mempe (2008).Ivent yang pernah diikuti Fest. karya tari Indoneia (2006), International Dance Festival (2006), Festival Seni Tradisi Lisan Nusantara (2007), Pawai Keprajuritan Nusantara (2007),Pesta kesenian Bali 2007, Penyaji dan sutradara terbaik Fragmen Budi Pekerti 2006, 2007 dan 2008.Penyaji terbaik Pekan seni Pelajar (teater) 2003,2005 dan 2007. Sekarang membangun komunitas musik perkusi ;Le Gung. Pengembangan pendidikan seni dan Pembina ekskul teater dan cinematografi di SMAN 1 Kalianget.

Eatore